Cara Membuat Nasi Tiwul Khas Trenggalek

Nasi Tiwul Khas Trenggalek
Info Trenggalek - Selamat Pagi Sahabat, semoga di pagi yang sejuk ini kita selalu diberikan kelancaran dalam menjalankan aktifitas. Pagi-pagi seperti ini enaknya ngobrolin yang enak-enak, seperti kalau kita nonton televisi di jam-jam pagi, pasti isi acaranya masak-masak, membuat perut terasa semakin lapar saja :D. Berbicara mengenai makanan, Info Trenggalek pada kesempatan ini akan berbagi kepada pembaca mengenai cara membuat nasi tiwul khas Trenggalek. Seperti yang sudah pembaca ketahui, nasi tiwul atau bahasa jawanya sego tiwul merupakan salah satu kekayaan kuliner masyarakat Trenggalek. Berkat nasi tiwul ini juga lah yang membuat Trenggalek menyabet gelar sebagai kota dengan nasi tiwul terenak di Indonesia.

Cara membuat nasi tiwul khas Trenggalek ini tentunya anda harus mengetahui dan menyiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut ini bahan-bahan dalam pembuatan nasi tiwul khas Trenggalek yang perlu anda siapkan, diantaranya:
  1. Gula merah (sisir halus) sebanyak 150 gram
  2. Air matang 1 gelas
  3. Kelapa parut 200 gram
  4. Singkong yang sudah dibersihkan kulitnya dan sudah melalui proses penjemuran 3-4 hari, atau istilah lain gaplek sebanyak 350 gram
  5. Garam secukupnya
  6. Daun pandan sebanyak 2 lembar
  7. Daun pisang 1 tangkai, diambil daunnya saja.
Setelah bahan-bahan sudah disiapkan, selanjutnya kita tinggal masuk dalam proses membuat nasi tiwul khas Trenggalek. Pertama, singkong yang sudah dikeringkan tadi (gaplek) ditumbuk kasar sambil diperciki air sampai terbentuk butiran-butiran kecil (tiwul). Kedua, tambahkan gula merah pada tiwul yang masih mentah tadi. Selanjutnya tiwul yang sudah dicampur diberi tambahan gula merah tadi dibungkus menggunakan daun pisang, cara membungkusnya seperti bungkusan pepes ikan. Kemudian kukus sampai tiwul matang.

Setelah tiwulnya matang, agar tiwul terasa lebih nikmat anda tinggal memberi taburan parutan kelapa. Dalam membuat taburan parutan kelapa ini dapat anda buat dengan cara mengukus parutan kelapa bersama garam dan dengan daun pandan selama kurang lebih 15-20 menit. Setelah itu angkat. Selanjutnya parutan kelapa ini tinggal anda taburkan ke nasi tiwulnya, dan nasi tiwul khas Trenggalek siap untuk dinikmati.

Itulah sedikit informasi dari Info Trenggalek tentang cara membuat nasi tiwul khas Trenggalek. Bagi anda yang suka dengan yang praktis, tersedia juga tiwul instan. Selamat mencoba.

No comments for "Cara Membuat Nasi Tiwul Khas Trenggalek"