Wisatawan Keluhkan Masalah Kebersihan Pantai Prigi Trenggalek

Pantai Prigi Trenggalek | foto by iwbspeed.com
Sejumlah wisatawan dan pelaku usaha di pesisir Pantai Prigi, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur mengeluhkan masalah kebersihan serta penataan kawasan wisata setempat yang dinilai masih amburadul.

"Kebanyakan wisatawan memiliki kesan yang sama saat kami lakukan jajak pendapat mengenai objek wisata Pantai Prigi dan sekitarnya. Mereka mengeluhkan tiga hal utama, yakni kebersihan, penataan parkir serta pengaturan lalu lintas yang buruk," ungkap Ketua Paguyupan Lare Trenggalek, Anjar Priadi Putra di Trenggalek, Minggu (31/1).

Kesimpulan mengenai jajak persepsi wisatawan itu menurut Anjar dilakukan Paguyupan Lare Trenggalek atau PLAT dalam tiga periode akhir pekan, yakni pada 20 dan 27 Desember, serta pada 1 Januari 2016 saat terjadi puncak kunjungan wisatawan di pesisir Watulimo.


Tidak hanya menyasar para wisatawan dalam dan luar daerah, survei kecil-kecilan yang berisi 11 pertanyaan dengan metode tanya jawab langsung tersebut juga menjadikan pelaku usaha serta warga nonpelaku usaha sebagai objek jajak pendapat.


Hasilnya, para pelaku usaha juga mengakui adanya keluhan wisatawan soal kebersihan serta penataan parkir yang amburadul.


"Mereka sebenarnya sudah memiliki tempat pembuangan sampah, tapi karena tidak ada yang mengambil jadinya menumpuk. Kendala utama sepertinya dipengaruhi oleh tiadanya sistem regulasi yang padu dalam penataan kawasan," kritik Anjar.


Selain masalah kebersihan dan penataan parkir yang terkesan amburadul,tanggapan wisatawan maupun pelaku usaha yang menonjol adalah soal pengaturan lalu lintas saat terjadi kepadatan kunjungan wisatawan atau "peak season".


Menurut Anjar, banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke pesisir Pantai Pasir Putih, misalnya, harus kecewa saat menghadapi kemacetan lalu lintas begitu baru masuk area wisata yang dituju.


"Soal harga tiket masuk yang terlalu mahal dan ketiadaan sistem rekayasa arus demi menghindari kemacetan saat musim 'peak season' ini menjadi sorotan wisatawan," ujarnya.


Kawasan pesisir Watulimo selama ini menjadi salah satu objek wisata unggulan bagi Kabupaten Trenggalek.


Di kawasan pesisir tersebut, setidaknya terdapat tiga objek wisata yang banyak dikunjung wisatawan dari berbagai daerah, yakni Pantai Pasir Putih, Prigi, serta eco-wisata mangrove.


"Dari tiga objek wisata itu, Pantai Pasir Putih paling disukai wisatawan karena banyak tanaman rindang disusul eco-wisata mangrove yang memiliki suasana wisata alam berbeda dibanding pantai-pantai sekitarnya," kata Anjar.


Source: radartrenggalek.com

No comments for "Wisatawan Keluhkan Masalah Kebersihan Pantai Prigi Trenggalek"