Cara Membuat Cenil Singkong dengan Parutan Kelapa dan Kuah Gula Merah Ala Trenggalek

Info Trenggalek - Jajanan Cenil merupakan salah satu jajanan pasar yang sampai sekarang masih menjadi favorit masyarakat. Bagaimana kekhasan dan cita rasa cenil serta tempat yang kami rekomendasikan dimana Anda dapat menikmati jajanan ini telah kami ulas pada artikel sebelumnya dengan judul Kenyal dan Manisnya Cenil, Jajanan yang Tetap Eksis dari Zaman Dulu Sampai Sekarang. Banyak jenis jajanan cenil yang beredar di pasar tradisional di Indonesia. Dari segala jenis Cenil, ada salah satu diantaranya yang paling membuat Anda semakin ingin untuk menikmatinya lagi. Jenis Cenil itu adalah Cenil yang berbahan dari singkong yang disajikan dengan bubuhan parutan kelapa dan tambahan kuah gula merah. Sedangkan tentang bagaimana cara untuk membuatnya, kami akan informasikan kepada Anda dalam artikel ini.
Cenil Singkong
Cara membuat Cenil singkong cukup mudah, namun tetap perlu Anda perhatikan adalah perpaduan komposisi bahan harus seimbang. Disamping itu hasil pengolahan cenil yang sempurna juga turut di tentukan oleh teknik perebusannya. Pengkombinasian bubuhan parutan kelapa dan gula merah cair sudah menjadi resep khusus sejak dulu dalam membuat Cenil. Masalah toping ini bisa Anda berinovasi dengan menambah-nambah bahan lain, misalkan ditambah keju atau ditambah susu kental manis diatasnya. Namun kami rasa, cita rasa orsinil cenil yang bertekstur kenyal, dengan tambahan parutan kelapa dan gula merah cair, adalah rasa yang tidak ada duanya. Lantas bagaimana cara membuatnya? Apa saja bahan yang perlu disiapkan?, berikut kami berikan resep Cenil singkong ala Trenggalek.

Bahan Cenil:
•    Air hangat sebanyak 50 cc
•    Singkong sebanyak 250 gram yang sudah dikupas, dikukus, dan dihaluskan
•    Garam secukupnya
•    Tepung kanji sebanyak 100 gram
•    Pewarna makanan merah dan hijau

Bahan taburan Cenil:
•    1 lembar daun pandan tanpa tulang daun
•    1 buah kelapa yang sudah dikupas dan diparut halus
•    Garam secukupnya

Bahan kuah Cenil:
•    Air bersih sebanyak 500 cc
•    Gula merah 250 gram
•    2 lembar daun pandan tanpa tulang daun
Cenil Singkong
Cara membuat Cenil singkong dengan parutan kelapa dan kuah gula merah Ala Trenggalek:
  1. Langkah pertama kita selesaikan dulu untuk membuat kuah gula merah lebih dulu, berlanjut taburan cenil dari parutan dan terakhir pembutan cenil.
  2. Kita buat terlebih dulu kuah gula merahnya, sediakan wajan atau panci anti lengket, kemudian masukkan daun pandan, air dan gula. Setelah itu masak campuran air dan gula merah tadi sampai cair dan agak kental. Selanjutnya saring kuah biar lebih bersih dan tiriskan.
  3. Untuk taburan parutan kelapa, pengukus jangan sampai lupa, lalu masukkan kelapa yang sudah diparut dengan tambahan garam sedikit saja, lalu daun pandan yang berfungsi sebagai penambah wangi aroma kelapa parut, dan kukus sebentar saja. Pengukusan racikan parutan kelapa dengan durasi yang tidak terlalu lama tersebut difungsikan agar tidak basi dan berbau.
  4. Setelah 2 pelengkap tersebut jadi, sekarang kita buat cenilnya. Kita siapkan wadah untuk adonannya, singkong yang sudah dihaluskan, dimasukkan ke dalam wadah, dicampur bersama tepung kanji dan air hangat.
  5. Aduk adonan sampai tercampur merata dan pisahkan menjadi tiga bagian.
  6. Berikan pewarna makanan pada 2 bagian adonan tadi, sehingga nanti ada tiga jenis warna pada cenil buatan kita, putih yang asli tanpa pewarna, warna hijau dan merah dari pewarna makanan kita.
  7. Bentuk setiap adonan seperti lontong, kemudian potong dengan posisi miring kurang lebih dengan tebal 1,5 cm.
  8. Rebus air sampai mendidih, kemudian masukkan potongan-potongan kecil adonan tadi kedalamnya. Agar tidak menempel lebih baik adonan dimasukkan sedikit demi sedikit.
  9. Cenil sudah matang atau belum bisa Anda lihat kalau terapung atau tidak, kalau cenil sudah terapung maka cenil sudah matang.
  10. Jika sudah matang, selanjutnya Anda angkat Cenil dan pindahkan ke wadah lain.
  11. Untuk menyajikannya, Anda tinggal mengambil beberapa Cenil yang sudah dilumuri dengan parutan kelapa ke dalam mangkok atau sejenis wadah yang lain, kemudian tambahkan gula merah cair di atasnya. Dan Cenil singkong ala Trenggalek siap untuk dihidangkan.
Bagaimana? Cukup mudah bukan cara membuat Cenil singkong ala Trenggalek?. Dengan resep yang telah kami berikan, sekarang Anda tinggal perlu mempraktekannya di rumah, hitung-hitung sebagai salah satu upaya kita bersama dalam melestarikan jajanan-jajanan tradisional asli Indonesia. Semoga ulasan sederhana kami bermanfaat bagi Anda dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

No comments for "Cara Membuat Cenil Singkong dengan Parutan Kelapa dan Kuah Gula Merah Ala Trenggalek"