Cara Membuat Lodho Ayam Kampung yang Gurih dan Mantap

Pemanggangan Lodho Ayam Kampung
Info Trenggalek - Pada postingan sebelumnya, pembaca telah kami berikan informasi salah satu rumah makan di Kabupaten Trenggalek yang kami rekomendasikan untuk dikunjungi, yaitu rumah makan Lodho Ayam Pak Yusuf. Menu utama yang menjadi andalan tidak lain dan tidak bukan lodho ayam itu sendiri dengan cita rasa khas yang dimiliki. Mengenai harga yang ditawarkan cukup terjangkau, namun apabila Anda ingin memasak sendiri di rumah, Info Trenggalek memiliki resep dan tips cara membuat lodho ayam kampung yang gurih dan mantap.

Sebelum melangkah pada proses cara membuat lodho ayam kampung, perlu kita ketahui, bahwa ada 2 tahapan yang harus dilakukan dalam pembuatannya, pertama tahap pemanggangan dan yang kedua tahap perebusan.

Tahap pemanggangan, bisa kita awali dengan menyiapkan satu ekor ayam utuh yang sudah disembelih dan dibersihkan bulu-bulunya. Kemudian ayam dibelah mulai dari bagian dada sampai perut. Setelah itu bentangkan sedemikian rupa pada sebuah kayu sampai ayam berbentuk pipih, dan panggang diatas pemanggang sampai matang.

Selanjutnya perebusan, merupakan tahapan kedua dalam proses cara membuat lodho ayam kampung. Kita siapkan bahan dan bumbunya terlebih dulu. Bahan-bahan yang perlu kita siapkan diantaranya santan kental sebanyak 500 ml, santan cair sebanyak 1 liter, minyak goreng secukupnya dan tentunya sebagai bahan utama, 1 ekor ayam kampung yang sudah dipanggang matang.
Lodho Ayam Kampung

Cara Membuat Lodho Ayam Kampung
 
Sedangkan untuk bumbu-bumbunya, kita siapkan 4 lembar daun salam, 4 lembar daun jeruk, 1 batang serei yang sudah digeprek, 1 ruas jari jahe yang sudah digeprek, 1 ruas jari lengkuas, gula pasir dan garam secukupnya. Dan satu lagi komposisi bumbu halus yang tidak boleh ketinggalan, diantaranya 10 buah cabe rawit, 3 buah cabe merah, 15 buit merica, 1 ruas kunyit, 1 ruas kencur, dan pala secukupnya.

Langkah-langkah pembuatan lodho ayam kampung:

  1. Tuang dan panaskan minyak goreng secukupnya di atas wajan.
  2. Tumis semua bumbu halus sampai beraroma harum.
  3. Masukkan bumbu lainnya ke dalam tumisan bumbu halus dan aduk sampai merata.
  4. Tuangkan santan cair dan masak sampai mendidih.
  5. Masukkan ayam panggangan yang sebelumnya sudah dipotong-potong.
  6. Masak ayam sampai dagingnya lunak dan bumbu benar-benar meresap.
  7. Masukkan santan kental dan masak hingga mendidih.
Dan lodho ayam kampung yang gurih dan mantap buatan Anda sendiri siap untuk dihidangkan bersama nasi gurih hangat serta urap.

Demikian resep dan tips cara membuat lodho ayam kampung yang gurih dan mantap. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi Anda untuk menghidangkan kuliner terlezat kepada keluarga Anda tercinta di rumah.

No comments for "Cara Membuat Lodho Ayam Kampung yang Gurih dan Mantap"