Kenyal dan Manisnya Cenil, Jajanan yang Tetap Eksis dari Zaman Dulu Sampai Sekarang

Foto by menaksopaldiscovery.com
Info Trenggalek - Tentu kalian masih ingat dengan jajanan yang satu ini, jajanan yang terbuat dari bahan dasar tepung tapioka, bertekstur kenyal, berwarna-warni, dan biasanya di sajikan dengan ada tambahan bubuhan parutan kelapa dan gula merah cair, jajanan ini bernama Cenil. Jajanan ini masih seduluran dengan jajanan pasar yang lain seperti kicak, getuk, gembrung, onde-onde dan lain sebagainya.

Keberadaan jajanan-jajanan ini tanpa kita sadari ternyata cukup sulit ditemukan, bisa jadi ini merupakan salah satu dampak globalisasi, yang sedikit demi sedikit menggiring masyarakat mengikuti gaya hidup yang kebarat-baratan, termasuk di dalamnya urusan kuliner. Meskipun demikian, ternyata jajanan Cenil dari zaman dulu sampai sekarang masih menjadi jajanan yang banyak disukai masyarakat.

Tidak mengherankan juga, sebab Cenil sendiri memiliki cita rasa yang manis, kenyal, legit yang merupakan perpaduan dari setiap komposisi bahan dan tampilan yang tentu menggoda selere siapa saja untuk mencobanya. Pada zaman sekarang ini tidak bisa kita pungkiri, eksistensi jajanan-jajanan pasar seperti cukup sulit untuk ditemukan, apalagi di daerah perkotaan, meskipun ada tapi jumlah penjaja kuliner ini tidak seberapa banyak.

Namun kalian tidak perlu khawatir, di sekitar pusat pemerintahan Kabupaten Trenggalek masih didapati para penjual makanan yang menjajakan kuliner tradisional seperti Cenil ini. Penjual makanan, seperti “Cenil Family” yang sampai sekarang masih setia menjajakan Cenil sebagai salah satu jajanan khas Indonesia di tengah bermunculannya jajanan-jajanan ala barat macam hotdog, burger ataupun yang lainnya. Lidah orang Indonesia tetap akan memilih cita rasa nusantara, misalkan diberi pilihan antara Cenil dengan hotdog, yakin tentu lebih cocok dengan kenikmatan rasa dari Cenil, pokoknya urusan kecocokan rasa tidak bisa dibohongi.
Cenil Family | Foto by menaksopaldiscovery.com
Bagi kalian yang ingin bernostalgia dengan jajanan kenyal nan manis ini, atau kalian yang belum pernah mencoba dan ingin mencobanya, kalian datang saja ke sekitaran Pendopo Kabupaten Trenggalek. Disana kalian akan mendapati penjaja Cenil yang biasanya menjajakan dagangannya pada sore hari sekitar pukul 16.00 WIB.

Mengenai harga, kalian tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, cukup dengan uang Rp. 2.000 sampai Rp. 3.000 saja, kalian sudah dapat merasakan nikmatnya Cenil yang ada di Kabupaten Trenggalek. Sangat cocok untuk menemani waktu santai kalian bersama teman-teman dekat sambil lesehan menikmati suasana Kabupaten Trenggalek. Sedikit saran, agar kalian tidak kehabisan stock, jangan datang terlalu malam, sebab jajanan ini selalu ramai diserbu pengunjung dan tidak sampai larut malam sudah laris manis terjual.

Bagaimana?, kalian tertarik untuk mencoba jajanan Cenil ini, silahkan saja datang ke Trenggalek. Mari kita lestarikan jajanan lokal ini, agar anak cucu kita tetap mengenal dan berkesempatan menikmatinya sebagai salah satu keragaman kuliner khas asli Indonesia. Selamat mencoba.

No comments for "Kenyal dan Manisnya Cenil, Jajanan yang Tetap Eksis dari Zaman Dulu Sampai Sekarang"