Keripik Bonggol Pisang Produk Unggulan di Kabupaten Blitar

Keripik Bonggol Pisang Produk Unggulan Kabupaten Blitar
Info Trenggalek - Banyak daerah-daerah yang menjadi kawasan sentra produksi Keripik Bonggol Pisang. Diantaranya yaitu, Banyuwangi, Tulungagung dan Jogja. Dari sekian daerah yang paling memiliki cita rasa yang unik yaitu Keripik Bonggol Pisang khas Kabupaten Blitar.

Tanaman pisang adalah tanaman yang hidup di daerah tropis beriklim basah dengan curah hujan yang merata sepanjang tahun. Pisang bukan menjadi buah yang asing bagi masyarakat kita, hampir setiap orang pernah memakannya, apalagi bagi masyarakat di pedesaan, di setiap pekarangan di belakang rumah, mereka pasti punya pohon pisang yang siap untuk dipetik ketika sudah matang. Dari beberapa masyarakat mungkin mengetahui beberapa alternatif bagaimana cara mengolah, mengonsumsi, dan pemanfaatan buah pisang ini, seperti buah pisang yang dijadikan jus, keripik pisang, masker wajah dari buah pisang, dan jantung pisang yang bisa dijadikan sayur. Mungkin itu yang banyak diketahui masyarakat.

Tapi tahukah Anda, ternyata ada satu lagi bagian dari buah pisang yang dapat diolah menjadi makanan yang enak, adalah bonggol pisang, atau orang di pedesaan menyebutnya debog. Bagi sebagian orang menganggap bahwa bonggol pisang hanya sebuah bekas dari proses pertumbuhan dan pematangan buah pisang atau limbah yang tinggal dibuang ketika buah pisang sudah dipetik. Namun bagi beberapa masyarakat, mereka dapat menyulap bonggol pisang menjadi camilan Keripik Bonggol Pisang yang lezat, bahkan di kota Blitar, Keripik Bonggol Pisang menjadi produk unggulan.
Keripik Bonggol Pisang Coklat Jogja
Dengan kreativitas dan inovasi yang dimiliki, masyarakat mampu membuat varian rasa Keripik Bonggol Pisang selain rasa original, seperti rasa sapi panggang, barbeque, pedas manis, coklat dan lain sebagainya. Keripik Bonggol Pisang di kabupaten Blitar ini akan menjadi peluang bisnis yang cukup tinggi jika diolah dengan benar dan dipasarkan secara tepat. Potensi pasar yang luas dan dengan ketersediaan jumlah bahan baku melimpah yang ada di masyarakat akan menjadi nilai ekonomis bonggol pisang itu sendiri. Oleh karena itu hendaknya oleh pengusaha kecil dan petani tanaman pisang dapat memanfaatkannya guna menambah pendapatan dan menjadikan kripik ini menjadi pioner kuliner khas.

Selain pisangnya yang kaya akan vitamin, bonggol pisang pun juga mengandung energi seberat 43 kilo kalori, protein 0,6 gram, karbohidrat 11,6 gram, lemak 0 gram, kalsium 15 mikigram, fosfor 60 miligram, dan zat besi 1 miligram. Selain itu di dalam bonggol pisang mengandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,01 miligram dan vitamin C 12 miligram. Hasil tersebut di dapat berdasarkan penelitian terhadap 100 gram bonggol pisang, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Meskipun hanya limbah ternyata banyak sekali kandungan gizi yang ada pada bonggol pisang. Bagaimana sob? Ingin mencoba Keripik Bonggol Pisang ini? Bagi kalian yang ingin mencoba Keripik Bonggol Pisang ini tidak usah jauh-jauh datang ke Banyuwangi,cukup datang ke daerah Blitar tepatnya di pusat oleh-oleh kalian pasti banyak menjumpai Keripik Bonggol Pisang yang menjadi produk unggulan camilan khas di kabupaten Blitar. Dan bagi yang berada di daerah Malang jangan khawatir, produk unggulan Keripik Bonggol Pisang khas kabupaten blitar  ini sudah banyak di ekpor di daerah sana.

Sekian artikel dari Info Trenggalek untuk para pembaca, nantikan artikel selanjutnya tentang Cara Membuat Keripik Bonggol Pisang. Semoga bermanfaat. Untuk pemesanan bisa klik disini

No comments for "Keripik Bonggol Pisang Produk Unggulan di Kabupaten Blitar"