Wabup Mendorong Masyarakat Bendungan Menggarap Destinasi Unggulan di Utara Trenggalek

foto by menaksopaldiscovery
Info Trenggalek - Terletak di Kaki Gunung Wilis Desa Dompyong Bendungan, memiliki potensi wisata yang cukup luar biasa. Mulai pemandangan alam pegunungan pinus dan tumbuhan endemic lainnya sampai keindahan air terjun Coban Rambat menjadikan keunggulan alam desa ini.

Konon di Di Kecamatan Bendungan, di Era penjajahan Belanda Dompyong sempat menjadi terdepan dalam pergerakan ekonomi kala itu. Bahkan pemerintahan Kolonial Belanda membuat perkebunan dan pabrik kopi di desa ini dengan luasan yang cukup luas. Sekarang ini semua itu tinggal menyisakan jejak masa-masa kejayaannya saja. Dikarenakan tumbuhan kopi yang menjadi olahan pabrik tersebut sudah mulai habis, pabrik kopi tersebut pun sudah tidak melakukan aktivitas.

Berbicara terkait keindahan alam Coban Rambat tak kalah indah dibandingkan dengan air terjun yang ada di daerah lainnya. Ketinggian coban ini tidak  terlalu tinggi, namun derasnya air yang mengalir dari atas dan terjun kesungai menyuguhkan keindahan tersendiri.

Letaknya yang tidak jauh dari jalan raya dengan turunan yang tidak terlalu curam menjadikan coban ini mudah untuk dikunjungi wisatawan. Selain itu air yang berasal dari sumber, mata air ini konon katanya tidak pernah kering. Bahkan derasnya air itu bisa menggerakkan turbin pembangkit listrik hidro mekanik yang dapat menghasilkan listrik sampai dengan 5.000 VA.

Wabup termuda di Indonesia H. Moch. Nur Arifin yang hadir dalam gotong royong masyarakat membuat akses jalan menuju coban ini menyarankan kepada desa untuk menggarap coban ini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan yang ada di bagian utara Trenggalek.

Seperti halnya masukan dari Asidewi, pemerintah desa bisa membangun bungalow-bungalow disekitar coban, yang bisa dimanfaatkan wisatawan untuk menikmati pemendangan alam tersebut, dengan hidangan sederhana yang bisa disuguhkan di destinasi wisata tersebut.

Listrik yang dihasilkan dari hidro mekanik bisa dijadikan menjadi sumber penerangan lampu hias bungalow ataupun pasar yang tepat berdekatan dengan destinasi wisata ini, sehingga bisa menjadi tempat wisata yang indah dan bisa buka sampai dengan malam hari, jelas wabup.

Source:  menaksopaldiscovery

No comments for "Wabup Mendorong Masyarakat Bendungan Menggarap Destinasi Unggulan di Utara Trenggalek"