5 Macam Kolak Buah Sebagai Menu Berbuka Masyarakat Trenggalek

Info Trenggalek - Bagi masyarakat Trenggalek, Kolak sudah menjadi salah satu makanan yang begitu familier di lidah, apalagi kalau sudah memasuki bulan Ramadhan seperti sekarang ini, kuliner Kolak seolah menjadi menu wajib menemani waktu berbuka. Kolak merupakan makanan berkuah santan yang memiliki rasa manis dan segar dengan berbagai macam isian, seperti buah, agar-agar, atau yang lain. Kolak sendiri memiliki sejarah panjang dalam awal kemunculannya, dan seiring dengan perkembangan zaman, kolak juga hadir di tengah masyarakat dengan berbagai variasi dan inovasinya. Seandainya kita tulis tema tentang variasi kuliner kolak saat ini lengkap beserta cara membuatnya, maka kita akan membutuhkan berlembar-lembar kertas untuk dapat mengulasnya secara keseluruhan. Oleh karenanya, pada kesempatan ini Info Trenggalek mencoba membuat ulasan tentang kuliner Kolak di Trenggalek dengan pembahasan yang lebih sempit dengan judul 5 Macam Kolak Buah Sebagai Menu Berbuka Masyarakat Trenggalek. Berikut selengkapnya:

1. Kolak Pisang
foto by resepkoki.co
Berada pada urutan pertama tentu tidak mengherankan, sebab Kolak Pisang ini paling sering dibuat oleh wong Nggalek yamg memang dari segi bahan utama isinya berupa buah pisang sangat mudah untuk didapatkan. Trenggalek secara geografis merupakan daerah pegunungan yang kemudian menjadikan masyarakatnya rata-rata memiliki pekarangan sendiri dan salah satu hasil bumi dari pekarangan tersebut adalah buah pisang. Kalau pun tidak memiliki pekarangan, buah pisang sendiri sangat mudah untuk didapatkan, dapat kita membelinya di pasar atau toko-toko kelontong terdekat. Dapat kita bayangkan betapa nikmatnya Kolak Pisang dengan gurih manisnya kuah dan manisnya pisang bercampur padu di atas mangkok, belum lagi kalau ditambah dengan sepotong es batu, pasti dapat menambah kesegaran kita dalam berbuka puasa.

2. Kolak Kacang Ijo
foto by 1.bp.blogspot.com
Mengenyangkan, sebuah ungkapan tepat untuk kolak ini. Kacang ijo mengandung protein sehingga membuatnya memiliki sifat mengenyangkan bagi pengonsumsinya. Maka tidak mengherankan Kolak Kacang Ijo menjadi pilihan warga Trenggalek sebagai menu pembuka sebelum berbuka dengan sajian inti. Biasanya sebagian orang ketika tiba waktu buka puasa hanya berbuka dengan menu pembuka setelah itu dilanjutkan sholat maghrib terlebih dulu, baru kemudian berbuka dengan menu utama. Sehingga Kolak kacang ijo yang mengenyangkan sangat tepat untuk dijadikan untuk menu berbuka dengan pola semacam itu. Dalam penyajiannya, Kolak Kacang Ijo dapat disajikan hangat maupun dingin.

3. Kolak Ketela
4.bp.blogspot.com
Tidak jauh berbeda dengan Kolak kacang ijo, ketela yang menjadi bahan utama isi kolak ini sama-sama memiliki sifat mengenyangkan karena kandungan yang kaya nutrisi. Terutama pada daerah-daerah di Trenggalek yang sebagian wilayahnya terdiri dari pegunungan. Rata-rata mereka menanam ketela sebagai mata pencaharian mereka. Ketika tiba pada bulan Ramadhan seperti ini, yang biasanya dijadikan bahan utama untuk membuat Kolak adalah Ketela. Untuk proses pembuatannya, dipastikan perebusan ketela harus sampai empuk, jika tidak tentu akan membuat berkurang nikmat cita rasa dari Kolak Ketela.

4. Kolak Nangka
foto by www.widiynews.com
Siapa yang belum pernah mencoba menikmati semangkok kolak nangka, pasti rata-rata kita sudah pernah mencobanya. Buah nangka yang sudah matang kalau dimakan langsung itu sudah biasa, tapi coba kalau dijadikan kolak, pasti akan lebih nikmat. Rasa nangka akan semakin legit karena berpadu dengan gurih santan dan manisnya gula, selain itu tekstur dari buah nangka akan menjadi lebih lembut. Lidahku kita pun akan dimanjakan di setiap suapannya. Bahan dan proses pembuatannya tidak jauh berbeda dengan kolak lain pada umumnya, hanya bahan utama berupa isiannya saja yang berbeda. Tidak sulit juga untuk mendapatkan nangka di Trenggalek, buah nangka banyak dijual di pasar-pasar tradisional. dengan rasanya yang khas dapat menambah kenikmatan kita dalam berbuka.

5. Kolak Durian
foto by 2.bp.blogspot.com
Trenggalek baru-baru ini menjadi sorotan media dengan adanya wisata duriannya di Kecamatan Watulimo. Durian yang memiliki cita rasa dan bau yang tajam tidak hanya bisa dinikmati langsung, namun oleh masyarakat sekitar khusunya Watulimo, durian dapat diolah menjadi berbagai olahan kuliner yang pasti bikin ngiler, salah satunya adalah Kolak Durian. Pada bulan Ramadhan seperti ini, Kolak Durian menjadi salah satu menu untuk berbuka puasa.

Demikian ulasan kami mengenai 5 Macam Kolak Buah Sebagai Menu Berbuka Masyarakat Trenggalek, semoga bermanfaat. Dan tidak lupa Info Trenggalek mengucapkan marhaban ya ramadhan, semoga pada bulan Ramadhan tahun ini membawa keberkahan bagi kita semua.

1 comment for "5 Macam Kolak Buah Sebagai Menu Berbuka Masyarakat Trenggalek"

Post a Comment