Cara Membuat Kolak Durian Khas Trenggalek

Kolak Durian | foto by andikafm.com
Info Trenggalek - Baru-baru ini, di Trenggalek telah dicanangkan hutan durian Internasional yang tepatnya berada di Desa Sawahan, Kecamatan Watulimo yang luas lahannya mencapai 650 hektar. Dengan jumlah produksi buah durian yang banyak, dan seiring dengan kompetensi masyarakat yang meningkat, membuat mereka berkreasi dalam menciptakan beragam olahan makanan yang berbahan dasar buah durian. Salah satu diantara olahan-olahan tersebut adalah kolak durian.

Kolak durian sendiri bukan merupakan makanan ringan yang populer di Trenggalek secara keseluruhan, namun secara lokalitas saja, di wilayah Kecamatan Watulimo banyak masyarakat yang mengolah buah durian menjadi kolak durian, karena memang Watulimo menjadi daerah sentra penghasil buah durian di Kabupaten Trenggalek.

Cara membuat kolak durian khas Trenggalek ini bisa dikatakan sangat mudah sekali, karena memang cara pembuatannya tidak jauh berbeda dengan kolak biasa pada umumnya, yang membedakan hanya terletak pada bahan utama yang digunakan, yakni buah durian. Banyak sekali kandungan vitamin pada buah durian yang bermanfaat bagi tubuh kita, diantaranya vitamin C, vitamin B1 dan B2, karbohidrat dan protein.
Kolak Durian | foto by delajustin.blogspot.com

Bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat kolak durian khas Trenggalek diantaranya:

•    Setengah liter santan buah kelapa
•    2 buah durian Trenggalek
•    Gula putih sesuai selera
•    2 buah gula merah
•    Garam secukupnya
•    Daun pandan 1 lembar

Apabila semua bahan yang dibutuhkan sudah lengkap, selanjutnya simak dibawah ini cara membuat kolak durian khas Trenggalek selengkapnya:
  1. Langkah pertama, kupas buah durian dan ambil dagingnya saja tanpa memisahkan daging dengan isinya.
  2. Rebus gula merah yang sudah disediakan tadi dengan ditambahkan air sedikit sampai meleleh dan saring.
  3. Dengan tambahan santan dan gula pasir sesuai selera, rebus kembali gula merah cair.
  4. Sambil terus diaduk masukkan buah durian yang sudah dikupas tadi.
  5. Turunkan frekuensi adukan ketika sudah mendidih, dan masak terus sampai daging terlepas dari isinya.
  6. Dan kolak durian khas Trenggalek siap dihidangkan.
Kalau ingin menambah kreasi dalam pembuatan kolak durian ini, bisa ditambahkan berbagai macam isian lainnya agar lebih meriah, seperti roti tawar, susu kental manis, agar-agar, atau bisa dikombinasikan dengan buah lainnya sebagai bahan utama, bisa buah pisang, kacang ijo, atau lainnya.

Nah, demikianlah cara membuat kolak durian khas Trenggalek. Mudah bukan?. Untuk urusan rasa tidak perlu diragukan, pasti mantab. Hangat maupun dingin tetap cocok digunakan untuk menyajikan kolak durian. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

No comments for "Cara Membuat Kolak Durian Khas Trenggalek"