Watu Gedong dan Kali Mas Sebalor, Wana Wisata Anyar Tulungagung

Kali Mas | zuhriwafa
Info Trenggalek - Kabupaten tetangga yang memiliki julukan Kota Marmer, Tulungagung semakin eksis dengan banyaknya spot-spot baru yang terus bermunculan. Tidak mengherankan jika tidak sedikit para wisatawan baik dari lokal maupun interlokal yang berdatangan. Adalah Watu Gedong dan Kali Mas Sebalor yang hari ini sedang menjadi viral di medsos sebagai wana wisata anyar di Kabupaten Tulungagung. Destinasi wisata ini belum lama diresmikan oleh pemerintah setempat dengan mengusung sebuah tema tentang keindahan pemandangan alam.

Watu Gedong dan Kali Mas secara administratif berada di Desa Sebalor, Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungagung. Tidak sulit untuk menemukan lokasi tempat wisata ini, pasalnya rute yang ditempuh searah dengan rute menuju Pantai Prigi yang lebih dulu menjadi tempat wisata mainstream di tengah masyarakat. Bertolak dari perempatan Pasar Bandung Tulungagung kemudian belok kanan menyusuri jalan raya Bandung - Prigi sampai menemukan pertigaan SMKN 1 Bandung lalu belok kanan. Lurus ke utara sampai tiba di Balai Desa Sebalor, di depan Balai Desa ini terdapat gang yang akan mengarahkan pengunjung menyusuri lereng pegunungan desa dan sampai pada lokasi wana wisata Watu Gedong dan Kali Mas Sebalor. Perjalanan untuk menempuh rute wisata dapat menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat.
Tempat Parkir Watu Gedong | zuhriwafa

Watu Gedong

Watu Gedong merupakan sebuah spot yang terdiri tebing-tebing besar dengan aksesoris alamnya berupa aliran air pegunungan yang mengalir dari ketinggian menyusuri tengah sungai kecil di tengah kokohnya tebing yang mengapit. Tebing yang besar dan kokoh ini yang kemudian lokasi ini dikenal dengan Watu Gedong. Watu yang dalam Bahasa Indonesia berarti Batu, dan Gedong berarti gedung, jadilah kemudian istilah Watu Gedong.
View Watu Gedong | zuhriwafa
Selain itu, pemandangan yang masih alami di sekitar lokasi memberikan efek relaksasi bagi pengunjung yang datang. Tampak dari salah satu sudut tebing terdapat perosotan alami yang terbentuk akibat kontak batu dibawahnya dengan aliran terjun dari atas tebing. Yang unik lagi dari Watu Gedong ini adalah warna hijau pada beberapa dinding sungai, warna hijau tersebut bukanlah warna buatan manusia, melainkan asli hasil dari proses alam.

Kali Mas

Selain spot berupa tebing-tebing besar yang dikenal Watu Gedong, di lokasi ini pengunjung dapat menikmati spot memiliki nama Kali Mas. Mengapa disebut Kali Mas?, mungkin ini digunakan untuk merepresentaiskan bagaimana bentuk dari spot yang berupa air terjun, namun landai yang justru mirip kali dan ditambah dengan dasar kali berwarna kuning keemasan. Air segar pegunungan yang mengalir dari ketinggian menyentuh setiap badan sungai yang kuning keemasan menyuguhkan pemandangan yang menyegarkan mata, seakan melambai-lambai kepada setiap pengunjung untuk ikut bermain air bersamanya. Meskipun dialiri air, namun bebatuan kali ini cukup aman dijadikan pijakan untuk menopang tubuh, pasalnya bebatuan di sini tidak licin seperti yang dibayangkan.
Tampak dari puncak Kali Mas Sebalor tulungagung | zuhriwafa
Pengunjung dapat memperoleh pemandangan lebih sedap dengan cara menyusuri setapak demi setapak sampai ke puncak dari Kali Mas ini. Di setiap setapak yang dilalui pengunjung akan memperoleh keindahan pemandangan alam yang luar biasa. Dan tatkala sampai puncak pengunjung akan dimanjakan dengan hamparan sawah dan pemukiman penduduk. Yang pasti panorama-panorama di spot ini sangat memanjakan siapa saja untuk berfoto selfie.

Demikian review pada kesempatan ini tentang Watu Gedong dan Kali Mas Sebalor yang hari ini sedang menjadi viral di medsos sebagai wana wisata anyar di Kabupaten Tulungagung. Semoga bermanfaat dan selamat berwisata.

No comments for "Watu Gedong dan Kali Mas Sebalor, Wana Wisata Anyar Tulungagung"