Canggihnya Eskavator Spider Milik Basarnas Trenggalek

Eskavator Basarnas Trenggalek
Info Trenggalek - Untuk mendukung pelaksanaan tugas, Badan SAR Nasional (Basarnas) Pos Trenggalek Jawa Timur melengkapi unit peralatan dengan mendatangkan eskavator spider yang memiliki bentuk seperti laba-laba. Eskavator ini dilengkapi dengan kemampuan-kemampuan melewati medan tersulit sekalipun sehingga dapat lebih memudahkan petugas melakukan pencarian dan evakuasi korban bencana.

Dalam rangka mengantisipasi berbagai kemungkinan terburuk dampak bencana di wilayah tugasnya yang meliputi 10 Kabupaten dan 3 kota di Jawa Timur, Basarnas menyiagakan personel terlatih dan peralatan yang canggih.

Diberitakan agtvnews.com, Eskavator tercanggih di Jawa timur ini mampu melakukan berbagai gerakan manuver ekstrem. Pasalnya keempat kaki eskavator ini mampu bergerak dengan leluasa menyesuaikan kebutuhan sehingga memudahkan untuk menjangkau medan yang sulit sekalipun.

“Ini berbeda dengan eskavator biasanya yang menggunakan rantai, kebetulan kita dikirimi spider yang menggunakan roda yang keempat rodanya bisa bergerak mandiri, bisa naik bisa turun maupun bergerak ke kiri maupun ke kanan,” ujar Yoni Fariza, petugas Basarnas Trenggalek.
Eskavator Spider milik Basarnas Trenggalek | agtvnews
Yoni juga menambahkan, untuk sementara waktu alat ini belum dapat dipergunakan. Pasalnya Basarnas Trenggalek sendiri belum memiliki tenaga operator yang mampu mengoperasikan peralatan ini. Untuk dapat menjalankan eskavator canggih ini diperlukan keahlian khusus.

Kinerja eskavator spider ini dapat difungsikan secara maksimal jika dikemudikan oleh operator yang ahli. Bahkan ditangan ahlinya, eskavator ini mampu menjangkau daerah-daerah curam yang memiliki kedalaman 8 meter dengan kemiringan mencapai 90 derajat. Selain itu, alat ini juga dapat masuk ke air dengan kedalaman sekitar 1 meter.

Tidak hanya itu saja, eskavator spider milik Basarnas Trenggalek ini dapat memutar dengan berbagai gerakan dan memiliki jangkauan pengeruk hingga 10 meter, serta body eskavator dapat dikecilkan karena kakinya bisa dilipat.

2 comments for "Canggihnya Eskavator Spider Milik Basarnas Trenggalek"

Post a Comment